H. RUMAH PANJANG

Rumah PanjangPUSAT KEBUDAYAAN

Rumah khas Dayak disebut sebagai Rumah Panjang atau lou atau betang atau lamin. Menurut Stephanus Djueng (dalam Kalimantan Review No 3 Tahun II / 1993), Rumah Panjang itu bukan sekedar tempat tinggal komunal biasa, tetapi merupakan pusat kebudayaan Dayak. Menurut Widjono (1998) masyarakat Dayak membangun tatanan social, ekonomi, budaya, dan politik yang berpusat di Rumah Panjang tersebut. Dengan demikian Rumah Panjang memiliki arti penting dalam tiga hal, pertama sebagai tempat hunian. Kedua, sebagai system hukum. Ketiga, sebagai system ekonomi dan hak milik.

Rumah Panjang menunjukkan bagaimana masyarakat Dayak hidup dalam suasana kekeluargaan yang sangat kental. Mereka menjunjung tinggi nilai-nilai kekerabatan dan semangat kegotong-royongan. Hal itu berbeda sama sekali dengan kehidupan masa kini yang sangat individualistic dan egosentrik.

Pada masa silam, menurut Widjono (1998), Rumah Adat adalah tempat untuk melaksanakan musyawarah adat (berinuq). Melalui musyawarah ini semua masalah bersama dibicarakan dengan baik. Bahkan Rumah Panjang merupakan sebuah unit peradilah. Jika ada pertikaian antar anggota keluarga dapat diselesaikan di sini dengan keterlibatan para tetua adat. Dengan demikian, sekarang ketika orang-orang tidak lagi hidup di Rumah Panjang, semangat musyawarah bisa terancam berkurang. Karena itu sangat penting untuk melestarikan budaya Rumah Panjang tersebut.

Menurut Widjono (1998), aspek kepemilikan rumah panjang itu jelas. Hak wilayah Rumah Panjang merupakan hak yang bersifat sekunder. Adapun hak primernya dipegang oleh tiap-tiap keluarga atau kelompok keluarga kecil yang memiliki ikatan kekerabatan.

Published in: on September 14, 2009 at 7:52 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://lovedayak.wordpress.com/2009/09/14/h-rumah-panjang/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: