G. MASYARAKAT

PersahabatanKEHIDUPAN KOMUNAL

Salah satu ciri yang menonjol dalam kehidupan masyarakat Dayak adalah semangat kekeluargaannya. Hal itu berakar dari kehidupan bersama dalam Rumah Panjang (lamin) yang terwariskan lintas generasi. Widjono (1998) menegaskan bahwa kehidupan komunal turun-temurun itu mampu mendukung proses pengukuhan tradisi kebersamaan. Dan semua itu terjadi melalui kehidupan Rumah Panjang yang pada awalnya hanyalah rumah tinggal sebuah keluarga. Kemudian mereka beranak-pinak secara turun-temurun dengan tetap tinggal di rumah yang sama. Maka, tempat tinggal mereka pun terus menerus diperbesar menjadi Rumah Panjang tersebut.

Semangat kekerabatan yang sangat tinggi itu mewarnai kehidupan bermasyarakat yang lebih luas. Mereka merasa merupakan sebuah keluarga besar yang terikat erat satu sama lain. Karena itu, proyek resetlement desa dan resetlement penduduk yang dimaksudkan Pemerintah untuk memperlancar pembangunan terkadang mereduksi semangat kekekerabatan dan kekeluargaan yang telah dibangun dari generasi ke generasi itu (Widjono, 1998).

ADAT BESARA

Masyarakat Dayak mengutamakan musyawarah. Ada upacara adat yang dinamakan Besara, yaitu musyawarah adat yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu tindak pelanggaran hukum yang dilakukan oleh warga masyarakat. Adat ini menunjukkan bahwa orang Dayak mencintai keteraturan dan melakukan kontrol sosial untuk menjaga perilaku sosial yang baik.

Dalam adat Besara itu dilakukan pemberian denda adat atau gawai. Para pelanggar hukum adat dikenai denda untuk menimbulkan efek jera. Dalam urusan denda mendenda ini, otoritas ada pada kepala adat. Hal itu menunjukkan bahwa masyarakat Dayak sudah mengenal hukum secara adat. Keteraturan sosial benar-benar dijaga untuk mempertahankan integrasi masyarakat. Faktor kepemimpinan juga cukup kuat sehingga organisasi sosial terkendali.

Published in: on September 14, 2009 at 7:53 am  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://lovedayak.wordpress.com/2009/09/14/g-masyarakat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: